he Contents box using "CTRL and V". (You can leave the Title box blank.)

Kamis, 22 September 2011

stories to share with you

ALERGI, yap kata satu ini mungkin gak asing lagibuat kalian termasuk gue yang gampang banget alergi, entah karna debu, udara atau pun makanan2 tertentu..
kali ini gue bakal ngebahas tentang ALERGI dari tanda-tanda alergi sampai cara mengatasinya :D cekidot :P
 
tanda-tanda terjadinya alergi :
 1. biasanya kulit akan gatal-gatal dari taraf ringan sampai berat.
2. setelah itu biasanya kuliat akan menebal muncul bintik-bintik kemerahan sampai tibul bentol bada bagian tubuh.
3. ada juga yang bersin-bersin, sesak nafas sampai hidung berair.
4. sakit perut, diare sampai muntah-muntah
5. sakit kepala dan mata berkunang-kunang
6. jika terlalu parah bukan tidak mungkin sampai detak jantung menjadi kencang, terjadi syok bahkan sampai kehilangan kesadaran.

penyabab-penyebab terjadinya alergi :
memang penyebab aleri pada setiap orang itu berbeda-bera tetapi reaksi yang ditimbulkan relatif sama. berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya alergi.
1. makanan. banyak makanan-makanan yang menyebabkan alergi salah satinya ikan, susu sapi, kacang kedelai, putih susu dll.
2. debu dan bulu binatang.
3. cuaca atau udara: seperti pada udara dingin ataupun udara panas
4. serbuk bunga
5. formalin
6. jamur
7. obat-obatan tertentu, biasanya ini karena obat yang diminum atau dikonsumsi taidak cocok.

cara mencegah alergi :
biasanya alergi yang disebabkan karena faktor keturunan tidak bisa untuk dicegah karena itu sudah faktor bawaan, sedangkan alergi dengan peyebab umum dapat dicegah dengan cara menjauhi penyebab alergi tersebut. seperti :
1. menggunakan masker agar tidak terkena debu atau serbuk bunga
2. menjaga kebersihan tempat tinggal
3. memperkuat sistem imun tubuh kita dengan cara banyak mengkonsumsi makanan yang berantioksidan tinggi seperti sayuran dan buah-buahan.
4. Pendingin udara (AC) dapat digunakan, tetapi tidak boleh terlalu dingin dan tidak boleh lebih dari PK.24.00
5. Hindari penggunaan kain yang terbuat dari wool atau bahan dari bulu.
6. Saat mengeringkan tubuh atau wajah, jangan menggosok terlalu keras. Berikan tepukan ringan dengan handuk yang lembut.

cara mengatasi alergi :

1. olah raga, Untuk memudahkan menghilangkan alergi tersebut tidak ada salahnya anda mengawalinya dengan olahraga yang teratur. Dengan olah raga yang teratur dapat membantu anda untuk menghilangkan alergi yang terjadi pada anda. Untuk hasil yang maksimal usahakan olahraga pada ruangan yang tertutup agar tidak terkena radiasi udara yang banyak saat ini. 

2. pakaian, hindari pakaian berbahan sintetis seperti polyester, siapa yang mengira bahwa Ketika kain sintetis bergesekan satu sama lain, mereka menciptakan suatu muatan listrik yang dapat menarik serbuk sari yang ternyata juga bermuatan listrik, kata Gailen D. Marshall, MD, PhD, direktur klinik imunologi dan alergi di University of Mississippi.

3. berkebun, cara terbaik untuk menangani pekerjaan halaman adalah dilakukan orang lain. minum antihistamin atau cromolyn sodium sekitar setengah jam sebelum berkebun, pakailah masker saat berkebun.

4. jaga kebersihan, Pada saat anda beraktivitas di luar banyak radiasi udara dan kotoran atau bakteri yang tinggfal pada kulit anda. Sebaiknya anda selalu menjaga kebersihan, hal ini diupayakan agar alergi yang terjadi pada anda tidak menjadi akut atauy lebih parah.

5. teh hijau, secangkir teh hijau dapat mencegah sakit jantung, kanker, dan menambah kekebalan terhadap alergi juga.
penelitian diJepang menemukan bahwa EGCG, senyawa antioksidan yang berlimpah dalam teh hijau, dapat membantu menghentikan respon tubuh Anda terhadap berbagai alergi, termasuk serbuk sari, bulu binatang peliharaan, dan debu.


GOOD LUCK :D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar